Bibit tanaman
08.00 s/d 24.00 WIB
085230308088
085230308088
081216414870
D7FE78C7
Tokobibitmurah@gmail.com
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Jual Bibit Ekaliptus Unggul Jawa Barat

Kategoribibit tanaman kayu
Di lihat286 kali
Harga Rp (Hubungi CS)

Info Menarik Bibit Ekaliptus Bermutu Tinggi

Sasaran penjualan Bibit ekaliptus berdasarkan wilayah Jawa Barat : Bibi Ekaliptus di Bandung, Bibi Ekaliptus di Bekasi, Bibi Ekaliptus di Bogor, Bibi Ekaliptus di Cimahi, Bibi Ekaliptus di Cirebon, Bibi Ekaliptus di Depok, Bibi Ekaliptus di SukaBumi, Bibi Ekaliptus di Tasikmalaya, Bibi Ekaliptus di Banjar.

Tahukah anda, bahwa permintaan kayu di dunia terus meningkat dari waktu ke waktu. Loh! Hal ini tak lain disebabkan karena tidak berimbangnya pasokan kayu yang dimiliki oleh para produsen. Itulah kenapa banyak pengusaha yang mulai mengarahkan perhatiannya pada tanaman ekaliptus. Karena ekaliptus sendiri adalah jenis tanaman hutan  yang dapat menghasilkan kayu dengan cepat.

Bahkan masa pakai ekaliptus sendiri dapat mencapai 30 sampa 45 tahun! Kondisi seperti inilah yang melatarbelakangi bahwa peluang bisnis budidaya ekaliptus mempunyai prospek yang cerah untuk masa depan.

Prospek penanaman ekaliptus memang menjanjikan, karena hal ini dapat dilihat dari kebutuhan kayu di dunia yang bisa mencapai 500 ribu meter per kubik setiap tahunnya.

Adanya jaminan pemasaran dari dalam dan luar negeri, dengan harga yang sangat tinggi, tentunya hal tersebut begitu menguntungkan bagi para petani. Para petani tidak hanya akan memperoleh keuntungan dari pohon ekaliptus yang mereka miliki saja, melainkan memperoleh hasil juga dari palawija yang ditumpang sarikan oleh mereka.

Tertarik untuk menanam bibit ekaliptus? Yuk, baca terlebih dahulu apa saja yang harus anda siapkan sebelum menanam bibit, bagaimana cara menanamnya, sampai tips pada saat panen ekaliptus, semuanya bisa  anda dapatkan secara lengkap pada artikel kali ini.

bibit pohon ekaliptus,pohon ekaliptus,tanaman ekaliptus

Pohon Ekaliptus

Tahap Persiapan Lahan

Sebelum dilakukan penanaman, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan sebelumnya. Diantaranya adalah :

  • Lakukan pembersihan lahan yang dipakai dari rumput liar.
  • Perhatikan pengolahan tanah dengan penentuan jarak tanam. Jarak tanam yang ideal dan paling disarankan adalah 5m x 5m
  • Perhatikan juga pembuatan lubang tanam serta aplikasi pupuk. Pupuk yang bisa dipakai yaitu NPK 50 kilogram per tanaman, pupuk kandang 5 kilogram per tanaman, dan furadan 10 kilogram per tanaman.

 

Tahap Proses Penanaman

  • Waktu penanaman bisa anda lakukan setelah musim hujan mulai turun. Untuk pengangkutan bibit tanaman ke lapangan, lakukanlah dengan hati-hati dan seaman mungkin. Oh, ya, sebelum bibit ekaliptus diangkut, sebaiknya didiamkan terlebih dahulu sekitar antara 2 sampai dengan 3
  • Pada waktu bibit mulai ditanam, lepaskanlah kantong polybag secara hati-hati. Hal ini bertujuan supaya media tetap utuh.
  • Masukanlah bibit ekaliptus ke dalam lubang yang telah dibuat dan disiapkan. Kemudian tutup kembali lubang tersebut dengan tanah. Jangan lupa untuk memadatkannya sampai rapi.
jual bibit ekaliptus,bibit tanaman ekaliptus,jual bibit ekaliptus unggul

bibit tanaman ekaliptus

Tahap Pemeliharaan

Demi memperoleh hasil kayu yang baik, pemeliharaan pada bibit ekaliptus yang telah ditanam tadi, menjadi hal yang benar-benar harus anda perhatikan. Pemeliharaan yang bisa anda lakukan diantaranya adalah pemupukan,  serta pengendalian hama serta penyakit.

  • Pemupukan

Pada areal pertanaman yang terdapat kekurangan unsur hara, sebaiknya segera dilakukan pemupukan. Sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan bibit ekaliptus yang anda tanam.

Akan tetapi sebelum dilakukan pemupukan, anda juga perlu menganalisis jenis tanahnya terlebih dahulu, supaya anda tahu jenis pupuk seperti apa yang tepat untuk anda beli.

Pemupukan pertama bisa anda lakukan pada saat tanam. Pupuk dasarnya bisa menggunakan NPK atau pupuk kandang.

Pemupukan kedua, lakukanlah ketika tumbuhan ekaliptus sudah berumur sekitar 6 bulan. Pemupukannya bisa anda lakukan pada sekitar radius 15 cm dari batang tanaman ekaliptus. kemudian buatlah cekungan untuk tempat umum, lalu tutup kembali.

Pemupukan selanjutnya lakukanlah pada saat tanaman berumur satu tahun, terhitung dari saat anda mulai menanamkannya.

  • Pengendalian Hama dan Penyakit.

Pada dasarnya ekaliptus merupakan tanaman yang cukup kuat dan kebal dari berbagai serangan penyakit. Walaupun demikian, bukan berarti tanaman ekaliptus tidak memerlukan pengendalian sama sekali. Berikut adalah deretan hama dan penyakit yang biasa menyerang ekaliptus. Tenang, karena kami juga menyertakan bagaimana cara untuk mengatasinya.

  • Kumbang

Fokus utama hama ini adalah menyerang daun tanaman ekaliptus.Dia bisa terbang, sehingga mudah berpindah-pindah dari pohon satu ke pohon yang lain.

Hama ini umumnya terlihat pada saat pertengahan musim kemarau. Untuk cara pengendaliannya sendiri anda bisa menyemprotkan insektisida jenis (decis, curacron) dengan dosis 2 ml per liter air.

  • Rayap

Hama yang satu ini hidup di dalam tanah, sehingga termasuk hama yang sangat sulit untuk diprediksi keberadaanya.

Serangan rayap biasanya memakan seluruh akar tanaman, yang pada akhirnya menyebabkan tanaman tersebut menjadi mati dan layu.

Hama ini umumnya terlihat pada awal musim kemarau. Untuk cara pengendaliannya sendiri, ketika penanaman dilapangan, anda bisa menaburkan furadan sebanyak 5 sampai dengan 10 gram pada lubang tanam yang telah anda buat.

  • Penyakit Tanaman Ekaliptus Deglupta

Penyakit ini pada dasarnya disebabkan oleh jamur yang berhasil masuk ke dalam jaringan tanaman. Serangannya dimulai dari bawah hingga pucuk batang, serangan yang tergolong berat akan menyebabkan batang ekaliptus jenis deglupta menjadi busuk dan mati.

Penyakit ini biasanya menyerang pada saat musim hujan. Untuk pengendaliannya sendiri anda bisa melakukan penyemprotan fungisida jenid (dithane-m45, antracol) dengan dosis yang dianjurkan 2 gram per liter

 

Panen Ekaliptus

  • Waktu panen

Pohon ekaliptus umumnya dipanen antara sekitar 5 tahun. Pada saat umur 5 tahun, pohon ekaliptus sudah bisa anda manfaat kayunya. Seperti untuk kayu pertukangan, kayu lapis, bahan baku pabrik kertas, kosen dan lain sebagainya. Volume setiap batang pohon pada saat dipanen rata-rata 0,9 mdengan memiliki diameter 35 cm dan tinggi 20 meter.

  • Penebangan dan Pembagian Batang

Kegiatan penebangan adalah salah satu kegiatan yang sangat penting. Karena tujuannya adalah untuk memperoleh kayu hasil penebangan dengan kualitas yang tinggi. Maka dari itu, sebelum dilakukan penebangan anda memerlukan suatu perencanaan yang sangat matang.

Bagi anda yang termasuk ke dalam pengusaha ekaliptus kecil, penebangan kayu dapat anda lakukan dengan alat sederhana seperti kapak, tali tambang dan parang.

Kapak sendiri digunakan untuk pemotongan batang, parang untuk pemotongan cabang yang kecil dan tali tambang berguna untuk menarik dan memastikan arah rebahnya.

  • Penyaradan

Tujuan penyadaran ini adalah pengumpulan kayu di kawasan tertentu. Hal Yang harus anda perhatikan dalam hal ini adalah keadan biofisik kawasan hutan. Kenapa? Karena keadaan biofisik hutan akan menentukan peralatan apa yang harus anda gunakan, apakah menggunakan tenaga manusia, hewan, truck, motor pengangkut atau kendaraan lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai bibit ekaliptus dari mulai tahap persiapan hingga panen. Nah, semoga informasi tersebut bermanfaat.

 

 

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)

Hubungi Kami

085230308088
085230308088
D7FE78C7
081216414870
Tokobibitmurah@gmail.com

Rekening Bank

a/n Siti nurasiyah 0642101004075536

Pengiriman